Konsultan Nasional Kemendes PDTT Kunjungi Desa Slogoretno

 

             Wonogiri, (05/04/2023) disela-sela kegiatan monitoringnya di Kabupaten Wonogiri TIM Konsultan Nasional Kemendes PDTT melakukan kunjungan ke Desa Slogoretno Kecamatan Jatipurno. Dalam kegiatan kunjungan ini Wahyu Hananto Pribadi selaku Ketua TIM di damping langsung oleh Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Wonogiri. Dan TPP Kecamatan Jatipurno (Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa) Diterima oleh Sekretaris Desa Slogoretno, kegiatan di buka dengan paparan potensi Desa Slogoretno yang berkaitan dengan pilar Desa Cerdas yang dapat di kembangkan di Desa Slogoretno.

              “Sebagai wilayah desa terkecil kedua di Kabupaten Wonogiri, Slogoretno memiliki potensi yang cukup banyak, khususnya dalam bidangTeknologi Tepat Guna (TTG) dan Online Shop” ucap Sukadi Sekretaris Desa Slogoretno Potensi tersebut di buktikan dengan geliat ekonomi di Desa yang bermuara pada dua bidang tersebut, Teknologi Tepat Guna berupa alat pemotong serbaguna CV. Multi Karya milik Sumidi yang laris dijual dipasaran. Selanjutnya olahan mete berbagai macam varian yang geliat bisnisnya amat sangat tinggi dipasar online. “Faktor yang sangat berpengaruh dari dua bisnis itu adalah pandemic” Imbuhnya.
Selanjutnya, Wahyu Hananto menambahi pentingnya desa dan seluruh perangkat di dalamnya melalui pendampingan dari kementerian desa melakukan gerak positif mengabarkan seluruh potensi dan kegiatan desa pada berbagai platform media online. Hal itu merupakan upaya yang paling relevan saat ini supaya masyarakat luas mengetahui tiap-tiap potensi yang berada di desa-desa. Lebih lanjut, Wahyu Hananto sapaan akrabnya memantik diskusi tentang progress Desa Cerdas.
“Program Desa Cerdas harus bias membentuk satu ekosistem positif khususnya dalam digitalisasi Desa” Paparnya Dan Pendamping Lokal Desa Anna Baroroh bersama Kader Digital Doni Setiawan menambahkan sedikit terkait pemanfaatan Internet di Desa Slogoretno dari tahun 2014 sampai sekarang. Dalam kesempatan yang bersamaan, Ade Muis Ashari selaku Duta Digital menjelaskan bagaimana progress Desa Cerdas di Lokus Desa Slogoretno. “Dalam upaya mencapai pilar-pilar pada program Desa Cerdas, Duta Digital bersama-sama dengan Pemerintah Desa sudah melakukan harmonisasi program untuk keberlanjutan (Sustainability) Program Desa Cerdas” Jelasnya.
Acara yang digelar di Ruang Pertemuan Desa tersebut dilanjutkan dengan survey secara langsung pada salah satu pengrajin alat pemotong serbaguna. Tim bertemu langsung dengan Sumidi pemilik CV. Multi Karya. Dalam pertemuannya dengan Sumidi, Wahyu mengajak berdiskusi tentang strategi marketing yang saatini dilakukan. Ia memberikan masukan terhadap Duta Digital agar mampu memfasilitasi penegalan pengrajin desa dalam bentuk berita di media-media mainstream.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *